Kamis, 14 Agustus 2008

Benih

Benih (true seed) adalah bagian dari tanaman yang berasal dari peleburan inti sel gamet jantan dengan sel gamet betina. Benih ini jika digunakan bukan untuk perbanyakan, maka disebut sebagai biji. Jadi pengertian benih secara fungsional adalah bagian dari tanaman yang digunakan untuk perbanyakan, sedangkan secara struktural benih diartikan sebagai bagian dari tanaman yang berasal dari peleburan inti sel gamet jantan dengan sel gamet betina (pembuahan). Meskipun benih adalah salah satu bagian kecil dari tanaman, tetapi sangat bernilai tinggi bila dilihat dari sisi fungsinya. Tanpa benih, keberlangsungan suatu tanaman/tumbuhan tidak akan ada. sebagai contoh; tanpa ada benih padi yang ditanam oleh petani, apakah kita dapat menuai gabah???apakah kita akan mendapat beras, sebagai sumber makanan pokok??? jawabanya, mungkin kita mensubstitusi beras dengan sagu... tapi apakah sagu akan tersedia jika benih sagu tidak ada???.....Saya pikir benih cukup berarti buat kelangsungan hidup kita...jika berarti dan berharga, apa tindakan kita???... Menyadari hal itu, pada tahun 2001, saya dan 55 kawan saya lainnya masuk ke Universitas di Bogor hanya untuk mempelajari tentang seluk-beluk benih. Setelah saya lulus Universitas, saya bekerja di suatu perusahaan yang merupakan produsen benih kelapa sawit di Sumsel, Indonesia. Anda sendiri...apakah yang telah anda lakukan??? ataukah anda masih bertanya-tanya ''apa yang dapat saya lakukan???'' Anda tidak akan membuat keadaan lebih baik jika anda pusing...Menurut saya, anda hanya cukup menyadari bahwa meskipun benih itu kecil, tetapi cukup berharga dan bernilai tinggi...

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Informasi yang berguna bagi saya, artikel ini bisa buat referensi tentang pengertian benih saya! semoga manfaat untuk petani Indonesia..