Selasa, 19 Agustus 2008

Mutu Benih

Mutu benih adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh benih, yang menunjukkan kemampuan untuk memenuhi standar yang ditentukan. Menurut Sevila (1988), mutu benih adalah sejumlah atribut dan kerakter benih yang ditunjukkan secara indifidual atau kelompok.
Kualitas atau mutu benih dapat dibagi atas 4 bagian besar, yaitu :
1. Mutu Fisik
2. Mutu Fisiologis
3. Mutu Genetik
4. Mutu Pathologis

A. Mutu Fisik Benih
Mutu fisik benih ini berkaitan dengan kondisi fisik benih secara visual, seperti warna, ukuran, bentuk, bobot dan tektur permukaan kulit benih. Tolak ukur yang dijadikan kriteria adalah keseragaman. Sifat-sifat lain yang diamati adalah tingkat keutuhan benih (tolak ukur; tingkat kerusakan benih), tingkat kelembaban benih (tolok ukur; kadar air benih), dan tingkat kontaminasi benda lain (tolok ukur; kemurnian mekanis benih).

B. Mutu Fisiologis Benih
Mutu fisiologis benih berkaitan dengan aktivitas perkecambahan benih, yang di dalamnya terdapat aktivitas enzim, reaksi-reaksi biokimia serta respirasi benih. Parameter yang biasa digunakan untuk mengetahui mutu fisiologis benih ini adalah viabilitas benih serta vigor benih. Tolak ukur viabilitas benih yaitu Daya Berkecambah (DB) dan Potensi Tumbuh Maksimum (PTM), sedangkan tolak ukur vigor benih yaitu Daya Simpan Benih dan Kekuatan Tumbuh Benih (Kecepatan Tumbuh Benih).

C. Mutu Genetik Benih
Mutu benih secara genetik ini barkaitan dengan susunan kromosom dan DNA benih serta jenis protein yang ada dalam benih, dengan tolak ukur kemurnian genetis benih. Selain itu, tolak ukur lain adalah kemurnian mekanis benih yaitu persentase kontaminasi jenis atau varietas lain.

D. Mutu Pathologis Benih
Tolak ukur dari mutu pathologis benih yang biasa diginakan adalah status kesehatan benih. Hal-hal yang diamati untuk mengetahui status kesehatan benih ini adalah keberadaan serangan pathogen, jenis pathogen, dan tingkat srangan pathogen.




1 komentar:

gaetannahaddow mengatakan...

Casino at Mohegan Sun - MapYRO
Mohegan Sun. Mohegan Sun Pocono. 1280 안성 출장샵 Highway 경기도 출장마사지 315, Wilkes-Barre, PA 18702. Directions. Phone: (570) 728-6933. Map. 군포 출장마사지 Mohegan Sun 하남 출장샵 Pocono. 구미 출장안마 1280 Highway 315, Wilkes-Barre,